Sunday, September 4, 2011

Cara Isi ulang Capacitor

Capasitor biasanya memiliki tegangan dan nilai-nilai kapasitansi tertulis di tubuhnya. Capasitor seperti baterai isi ulang - keduanya dirancang untuk menyimpan energi dan dapat diisi dan dipakai berkali-kali. Perbedaan utama antara kapasitor dan baterai, , adalah bahwa pengisian dan pemakaian baterai isi ulang dapat memakan waktu sampai ber jam-jam, sedangkan kapasitor  dapat  menerima dan melepaskan muatan secara instan.
Pengisian capasitor dengan cara mengalirkan tegangan  listrik  kepada pelat internal yang mengumpulkan dan menyimpan electron pada capasitor. Kita dapat mengisi ulang capasitor menggunakan rangkaian sederhana yang akan memungkinkan kita untuk memonitor kapasitor yang diisi dan menunjukkan bila siklus pengisian selesai. 
Salah satu jenis Capasitor yang bisa diisi ulang
Bahan bahan yang dibutuhkan


1.Baterai petak 9 v







2. 9-volt baterai holder 











3. 500-ohm resistor











4.  (SPST)  single switch 
 5.5 mm  LED RED(light emitting diode) 











6.Cabel










7.Timah Solder (Solder Tin)











8.Solder













9.2bh Aligator clips (Penjepit buaya)











 
    • 1
Solder salah satu ujung kabel sepanjang 20cm ke terminal positif ke 9v baterai holder. Solder ujung kabel yang lain ke kaki resistor 500-ohm.
    • 2
Solder kaki resistor satunya lagi dengan kabel sepanjang +/- 20cm. Solder ujung sisa kawat ke ujung anoda 5mm Red LED. Solder ujung katoda  dari Red LED ke  switch SPST.
    • 3
Solder salah satu ujung kabel ke saklar SPST pada ujung lainnya ke alligator clip(penjepit buaya).
    • 4
Solder salah satu ujung kabel  ke terminal negatif dari pemegang baterai dan ujung lainnya ke alligator clip(penjepit buaya).kedua.
    • 5
Offkan  saklar. jepit  dua lead buaya ke dua kaki kapasitor. Masukkan baterai 9-volt ke dudukan baterai.
    • 6
Switch on saklar dan lihat LED merah. LED akan menyala sebentar dan kemudian redup dan mati. Kapasitor ini sekarang telah terisi dengan nilai 9 volt. Lampu LED hanya akan menyala jika arus mengalir dan capasitor sedang diisi.
    • 7
Offkan saklar SPST. Pegang kapasitor dengan satu tangan dan lepas penjepit buaya dengan tangan yang lain. Jangan menyentuh kedua lead pada saat yang sama. Capasitor sekarang siap untuk digunakan.



 
© Copyright Laptop Repair 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Noval Blogger Bima | Published by Premium Wordpress Themes
Cara Isi ulang Capacitor - Laptop Repair