Friday, July 20, 2012

MARHABAN YA RAMADAN

keluarga besar teknisi indonesia mengucapkan mohon maaf lahir dan batin

Kunci Menjadi Teknisi Laptop

Motherboard (back plane) menyediakan sambungan/Konduktor listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi dan menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya .

Laptop komputer memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung pada motherboard. Komponen lain seperti eksternal storage, pengendali untuk menampilkan video dan suara. Perangkat periferal dapat terpasang ke motherboard melalui plug-in card atau langsung terintegrasi pada motherboard melalui onboard chip. Kebanyakan komputer modern sudah mengintegrasikan beberapa peripheral ke motherboard itu sendiri .

Komponen yang penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai bus dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari sebuah motherboard.
Memahami cara kerja dan struktur komponen pada motherboard adalah langkah awal untuk mampu menganalisa sebuah motherboard bekerja dengan baik atau tidak.Sehingga dengan melihat gejalanya saja kita sudah mampu berasumsi permasalahan terletak pada bagian mana.Pengetahuan ini akan memperkecil ruang analisa yang dapat mempercepat waktu dalam menemukan permasalahan yang terjadi pada motherboard.
Apalagi dalam sesi ini kita hanya akan membahas khusus motherboard laptop saja yang hanya menggunakan smd komponen dan chips,sehingga kita dapat memperkecil lingkup materi knowledge yang bertele-tele dan terkesan menbosannkan.
Motherboard knowledge dapat di ringkas menjadi beberapa bagian saja yaitu :
Konduktor/Jalur pada sircuit motherboard
Konduktor adalah penghantar listrik yang menghubungkan antara komponen pada elektronik sircuit pada motherboard.Konduktivitas logam penghantar sangat dipengaruhi oleh unsur – unsur pemadu, impurity atau ketidaksempurnaan dalam kristal logam, ketiganya banyak berperan dalam proses pembuatan penghantar itu sendiri. Unsur – unsur pemandu selain mempengaruhi konduktivitas listrik, akan mempengaruhi sifat – sifat mekanika dan fisika lainnya. Penghantar tenaga listrik, selain mensyaratkan konduktivitas yang tinggi juga membutuhkan sifat mekanis dan fisika tertentu yang disesuaikan dengan penggunaan penghantar itu sendiri.
Konduktor atau jalur pada sircuit elektronik memiliki peranan penting dalam interfacing antar komponen.kerumitan lalu lintas dalam motherboard Laptop membutuhkan schema dalam menentukan arah dan hubungan antar komponen.
Pemahaman tentang fungsi komponen dan hubungan komponen dalam sirkuit motherboard, cara menbaca schema,symbol,letter kode komponen dan permasalahan umum pada sirkuit board untuk memudahkan melihat hubungan antar komponen pada motherboard.

-Power suplay
Power suplay adalah perangkat yang mensuplay energi listrik ke satu atau lebih beban listrik. Istilah ini paling sering diterapkan untuk perangkat yang mengubah satu bentuk energi listrik kepada yang lain. mengontrol tegangan output untuk nilai tertentu dan nilai dikendalikan menjadi konstan.
Power Suplay dapat diimplementasikan sebagai perangkat, diskrit yang berdiri sendiri atau sebagai perangkat terpisahkan yang didesain untuk beban dan didalam Laptop motherboard dipergunakan tegangan rendah DC .
Kebanyakan Motherboard Laptop memiliki power suplay yang dikemas dalam integrasi sirkuit yang disingkat dengan (PU).chip inilah yang mengatur pembagian suplay tegangan kesemua komponen yang menbutuhkannya.
Selain memiliki chip yg terintegrasi juga memiliki diskrit komponen seperti diode sebagai penyearah,kapasitor sebagai penstabil tegangan.induktor sebagai pendukung integrated sirkuit dan beberapa pendukung power lainnya.
Power suplay knowledge meliputi dasar dasar elektronika ,Pemahaman tentang smd komponen(integrated sircuit dan komponen)cara kerjanya,fungsi dan cara mengukurnya serta cara memahami datasheetnya.
-Interface
Dalam elektronik dan teknik computer, sebuah interface/antarmuka dapat berarti:
-Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
-Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: seperti antara chip satu dengan chip lainnya.
-Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka usb,antarmuka scsi.dan lain lain.
Memahami teknik antarmuka antar komponen motherboard,dengan mengenali karakter chip dan cara kerjanya serta cara berhubungan dengan komponen yang lain.
Microcontroler
Mikrokontroler adalah perangkat elektronika digital yang mempunyai input dan output serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. cara kerja mikrokontroler sebenarnya hanya membaca dan menulis data. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut "pengendali kecil" dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini.
Perangkat lunak(software) BIOS dibangun pada motherboard computer berdasarkan system microcontroler, dan merupakan kode pertama yang dijalankan oleh computer saat diaktifkan ('firmware boot'). Fungsi utama BIOS adalah untuk mengatur hardware dan beban(load) dalam memulai sebuah sistem operasi ketika computer dijalankan, pekerjaan pertama untuk BIOS adalah untuk menginisialisasi dan mengidentifikasi perangkat sistem seperti video ,keyboard, mouse, hard disk drive, disk drive optik dan perangkat keras lainnya. BIOS kemudian menempatkan perangkat lunak pada perangkat periferal (yang ditunjuk sebagai 'perangkat boot'), seperti hard disk atau CD / DVD, dan mengeksekusi perangkat lunak tersebut serta memberikan kendali .Proses ini dikenal sebagai boot, atau boot up, yang merupakan kependekan dari bootstrap.
Dengan memiliki knowledge diatas akan memudahkan kita mendeteksi permasalahan pada motherboard laptop.tentu saja dengan mengetahui permasalahan kita dapat pula mengatasi masalah .
 
© Copyright Laptop Repair 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Noval Blogger Bima | Published by Premium Wordpress Themes
July 2012 - Laptop Repair